Blog yang diperuntukan untuk anak kuliah, terutama Mahasiswa Manajemen dan Ekonomi Syariah

Saturday, 18 April 2015

Posted by Dian Prasetyo in | 09:01:00 No comments
Distribusi Untuk Orang Lain


Makalah


Disusun guna memenuhi tugas

Mata kuliah : Tafsir

Dosen Pengampu : Shofa Ussamawati, S.Ag, M.S.I




Disusun Oleh : 

Dian Prasetyo  1320310118
Nor Khamid  1320310119




SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS
JURUSAN SYARIAH
2014




BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Sebagai makhluk yang memiliki akal serta pikiran, manusia diberikan pedoman yaitu Al-Qur’an dan As-sunnah untuk dapat menjalankan kodratnya sebagai makhluk sosial, dimana manusia harus bisa saling bantu membantu dan tolong menolong dalam kebaikan dan amal shaleh agar tercipta kondisi kehidupan yang adil, makmur, tentram dan sejahtera dimanapun mereka berada.
Untuk itu pendistribusian zakat dan sedekah untuk orang lain (orang yang membutuhkan) sangat penting dilakukan  mengingat manusia adalah makhluk sosial yang memerlukan bantuan satu sama lain. 
Al-Qur’an telah memuat tentang pendistribusian tersebut dalam Surat Al-Baqarah ayat 273 dan Surat At-Taubah ayat 60, maka pada makalah kami kali ini kami akan mencoba membahas apa yang dijelaskan pada ayat-ayat Al-Qur’an tersebut.

B. Rumusan Masalah
1. Apa yang dijelaskan pada Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 273?
2. Bagaima penjelasan Al-Qur’an Surat At-Taubah ayat 60?









BAB II
PEMBAHASAN

A. Al-Qur’an Surat Al-Baqarah Ayat 273

1. Ayat dan terjemah

لِلْفُقَرَآءِ الَّذِينَ أُحْصِرُوا فِي سَبِيلِ اللهِ لاَ يَسْتَطِيعُونَ ضَرْبًا فِي اْلأَرْضِ يَحْسَبُهُمُ الْجَاهِلُ أَغْنِيَآءَ مِنَ التَّعَفُّفِ 
{٢٧٣} تَعْرِفُهُم بِسِيمَاهُمْ لاَ يَسْئَلُونَ النَّاسَ إِلْحَافًا وَمَاتُنفِقُوا مِنْ خَيْرٍ فَإِنَّ اللهَ بِهِ عَلِيمٌ

Artinya : (Berinfaklah) kepada orang-orang fakir yang terikat (oleh jihad) di jalan Allah, mereka tidak dapat berusaha di bumi, orang yang tidak tahu menyangka mereka adalah orang kaya karena mereka memelihara diri dari meminta-minta. Kamu (Muhammad) mengenal mereka dari sifat-sifatnya, mereka tidak meminta kepada orang secara mendesak. Dan, Apa saja harta yang baik kamu nafkahkan (di jalan Allah), maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahui. (Q.S. Al-Baqarah : 273)

2. Mufrodat
Arti
Lafal
(Sedekah yang kamu berikan) untuk orang-orang fakir
لِلْفُقَرَآءِ 
Mereka dapat/mampu

 يَسْتَطِيعُونَ 
Bumi (untuk berdagang/mencari nafkah)
اْلأَرْضِ 
Menyangka (kepada) mereka


يَحْسَبُهُمُ
Orang yang bodoh (tidak mengetahui keadaan mereka)
الْجَاهِلُ
(Bahwa mereka) orang-orang kaya

غْنِيَآءَ
Sikap menjaga diri (dengan tidak minta kepada orang lain)
لتَّعَفُّفِ
Dengan tanda-tanda/ciri-ciri mereka (pakain & wajah)
 بِسِيمَاهُمْ
Secara paksa/mendesak

إِلْحَافًا 
Kebaikan/harta

خَيْرٍ

3. Tafsir
Maksud dari surat Al-Baqarah ayat 273 adalah bahwa seyogyanya kalian berusaha dalam memberikan sedekah-sedekah kalian kepada orang-orang fakir yang menahan diri mereka pada jalan Allah dan pada ketaatan kepadaNya, dan mereka tidak memiliki (jalan untuk mewujudkan) kehendak mencari nafkah atau malah mereka tidak memiliki kemampuan untuk itu. Mereka menahan diri dari meminta-minta, yang bila mereka dilihat oleh orang-orang bodoh, pastilah mereka akan menduga bahwa mereka adalah orang-orang kaya. 
(لاَ يَسْئَلُونَ النَّاسَ إِلْحَافًا) “Mereka tidak meminta kepada orang secara mendesak”; mereka tidak meminta secara umum dan bila mereka harus meminta pun karena darurat, mereka tidak akan memintanya dengan memaksa. Kelompok orang-orang fakir yang satu ini adalah lebih utama untuk diberikan nafkah kepada mereka untuk memenuhi kebutuhan mereka dan menolong mereka dalam menyampaikan mereka kepada tujuan mereka dan kepada jalan yang baik. Dan sebagai ucapan terimakasih buat mereka karena kesabaran yang mereka lakukan dan pandangan mereka kepada sang Pencipta dan bukan-nya kepada makhluk.  Dan walaupun demikian, berinfak dalam segala jalan kebaikan dan menutupi segala kebutuhan di manapun didapatkan maka semua itu adalah kebaikan, dan pahala serta ganjaran disisi Allah.

4. Asbabun Nuzul Surat Al-Baqarah Ayat 273
Ayat ini turun berkenaan dengan ahli Shuffah (orang-orang Muhajirin yang tinggal di teras masjid Nabawi) yang berjumlah 40 orang. Mereka fokus mengkaji  Al-Qur’an dan turut serta berjihad bersama pasukan Muslim

B. Al-Qur’an Surat At-Taubah Ayat 60
1. Ayat dan terjemah

إِنَّمَا الصَّدَقَاتُ لِلْفُقَرَاءِ وَالْمَسَاكِينِ وَالْعَامِلِينَ عَلَيْهَا وَالْمُؤَلَّفَةِ قُلُوبُهُمْ وَفِي الرِّقَابِ وَالْغَارِمِينَ وَفِي سَبِيلِ اللَّهِ 
{٦٠} وَاِبْنِ السَّبِيلِ فَرِيضَةً مِنَ اللَّهِ وَاللَّهُ عَلِيمٌ حَكِيمٌ

Artinya : Sesungguhnya zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir, orang miskin, amil zakat, yang dilunakkan hatinya (mualaf), untuk memerdekakan hamba sahaya, untuk membebaskan orang yang berhutang, untuk yang berada di jalan Allah dan untuk orang yang sedang di dalam perjalanan sebagai kewajiban dari Allah. Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. (Q.S. At-Taubah : 60)

2. Mufrodat
Arti
Lafal
Sedekah-sedekah/zakat-zakat (hanya diberikan)
الصَّدَقَاتُ

Dan untuk para amil/pengurus/pengumpul zakat
وَالْعَامِلِينَ عَلَيْهَا

Dan para muallaf (yang hati mereka dilunakkan sehingga iman mereka jadi kuat)
وَالْمُؤَلَّفَةِ قُلُوبُهُمْ

Sabilillah (Perjuangan di jalan Allah)
 سَبِيلِ اللَّهِ 

Dan Ibnu Sabil (musafir yang kehabisan bekal)
وَاِبْنِ السَّبِيلِ

(Sebagai) ketetapan/kewajiban
فَرِيضَةً


3. Tafsir
Dalam ayat ini Allah menjelaskan bahwa (sesungguhnya zakat-zakat) zakat-zakat yang diberikan (hanyalah untuk orang-orang fakir) yaitu mereka yang tidak dapat menemukan peringkat ekonomi yang dapat mencukupi mereka (orang-orang miskin) yaitu mereka yang sama sekali tidak dapat menemukan apa-apa yang dapat mencukupi mereka (pengurus-pengurus zakat) yaitu orang yang bertugas menarik zakat, yang membagi-bagikannya, juru tulisnya, dan yang mengumpulkannya (para mualaf yang dibujuk hatinya) supaya mau masuk Islam atau untuk memantapkan keislaman mereka, atau supaya mau masuk Islam orang-orang yang semisal dengannya, atau supaya mereka melindungi kaum Muslimin. 
Mualaf itu bermacam-macam jenisnya; menurut pendapat Imam Syafii jenis mualaf yang pertama dan yang terakhir pada masa sekarang (zaman Imam Syafii) tidak berhak lagi untuk mendapatkan bagiannya, karena Islam telah kuat. Berbeda dengan dua jenis mualaf yang lainnya, maka keduanya masih berhak untuk diberi bagian. 
Demikianlah menurut pendapat yang sahih (dan untuk) memerdekakan (budak-budak) yakni para hamba sahaya yang berstatus mukatab (orang-orang yang berutang) orang-orang yang mempunyai utang, dengan syarat bila ternyata utang mereka itu bukan untuk tujuan maksiat; atau mereka telah bertobat dari maksiat, hanya mereka tidak memiliki kemampuan untuk melunasi utangnya, atau diberikan kepada orang-orang yang sedang bersengketa demi untuk mendamaikan mereka, sekalipun mereka adalah orang-orang yang berkecukupan (untuk jalan Allah) yaitu orang-orang yang berjuang di jalan Allah tetapi tanpa ada yang membayarnya, sekalipun mereka adalah orang-orang yang berkecukupan (dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan) yaitu yang kehabisan bekalnya (sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan) lafal fariidhatan dinashabkan oleh fi'il yang keberadaannya diperkirakan (Allah; dan Allah Maha Mengetahui) makhluk-Nya (lagi Maha Bijaksana) dalam penciptaan-Nya. Ayat ini menyatakan bahwa zakat tidak boleh diberikan kepada orang-orang selain mereka, dan tidak boleh pula mencegah zakat dari sebagian golongan di antara mereka bilamana golongan tersebut memang ada. 
Selanjutnya imamlah yang membagi-bagikannya kepada golongan-golongan tersebut secara merata; akan tetapi imam berhak mengutamakan individu tertentu dari suatu golongan atas yang lainnya. 
Huruf lam yang terdapat pada lafal lilfuqaraa` memberikan pengertian wajib meratakan pembagian zakat kepada setiap individu-individu yang berhak. Hanya saja tidak diwajibkan kepada pemilik harta yang dizakati, bilamana ia membaginya sendiri, meratakan pembagiannya kepada setiap golongan, karena hal ini amat sulit untuk dilaksanakan. Akan tetapi cukup baginya memberikannya kepada tiga orang dari setiap golongan. 
Tidak cukup baginya bilamana ternyata zakatnya hanya diberikan kepada kurang dari tiga orang; demikianlah pengertian yang disimpulkan dari ungkapan jamak pada ayat ini. Sunah telah memberikan penjelasannya, bahwa syarat bagi orang yang menerima zakat itu, antara lain ialah muslim, hendaknya ia bukan keturunan dari Bani Hasyim dan tidak pula dari Bani Muthalib.

4. Munasabah Surat at-Taubah Ayat 60
Untuk korelasi atau penghubung surat At-Taubah ayat 60 menyatakan bahwa hanya menerangkan cara-cara pendistribusian zakat dan kepada siapa saja zakat itu diberikan; tidak menunjukan kepada keharusan adanya pemerataan pembagian. Adapun Hadis Ziad bin Al-Harts yang dipegangi pendukung pendapat pertama dinyatakan dha’if (lemah) oleh pendukung pendapat kedua. Alasan lain yang dipertahankan kelompok kedua ialah firman Allah SWT yang artinya “Jika kamu menampakkan sedekah(mu), Maka itu adalah baik sekali. dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, Maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. (Q.S. Al-Baqarah : 271)
Yang dimaksud dengan sedekah pada ayat diatas, demikian kata mereka, adalah sedekah dalam artian umum, apakah itu sedekah wajib maupun sedekah sunnah. Dan ini, masih kata mereka, sejalan dengan hadits shahih yang menyatakan:
“Aku diperintah (Allah) supaya memungut sedekah dari kalangan orang-orang kaya untuk kemudian aku serahkan kepada orang-orang fakir dari kalangan mereka.







BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan
Sebagaimana yang telah dijelaskan dalam surat Al-Baqarah ayat 273 tentang pendistribusian sedekah untuk orang lain dapat disalurkan kepada orang fakir yang tidak mempunyai pekerjaan dan terhalang untuk berjihad atau menuntut ilmu di jalan Allah, dan orang yang tidak mampu bekerja di bumi dengan cara berdagang atau bercocok tanam sebab fokus berjihad atau menuntut ilmu. Orang yang tidak tahu kondisi mereka yang sebenarnya menyangka bahwa mereka adalah orang kaya dan berada, karena menjaga diri dari meminta-minta, bersikap tenang dan qanaah.
Demikian juga dengan surat At-Taubah ayat 60 Allah telah menjelaskan tentang pendistribusian zakat kepada 8 golongan, yaitu kaum fakir yang tidak memiliki apapun, kaum miskin yang memiliki harta tapi tidak mencukupi kebutuhan mereka, orang-orang yang dikhususkan untuk menarik zakat, kaum kafir yang dilunakkan hatinya untuk masuk Islam (muallaf) atau orang yang masih lemah keislamannya, untuk membebaskan budak atau budak mukatab, orang yang terlilit hutang, orang yang berjihad, dan untuk para musafir yang kehabisan bekal.

B. Penutup
Demikian paper ini kami buat. Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan dan pembahasan paper ini kami mohon maaf. Kritik dan saran yang membangun sangat kami butuhkan untuk lebih baiknya paper yang kami buat selanjutnya.





DAFTAR PUSTAKA
Sayyid Quthb. “ Tafsir Fi Zhilalil Qur’an Jilid 2”. Gema Insani. Jakarta. 2000.
Ahmad Hatta. “Tafsir Qur’an per Kata dilengkapi dengan Asbabun Nuzul & Terjemah”. Maghfiroh Pustaka. Jakarta. 2009.
Wahbah Zuhaili Dkk. “Buku Pintar Al-Qur’an : Seven in One”. Penerbit Almahira. Jakarta. 2008.


0 komentar:

Post a Comment

Search

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter