Blog yang diperuntukan untuk anak kuliah, terutama Mahasiswa Manajemen dan Ekonomi Syariah

Saturday 6 May 2017

Posted by Dian Prasetyo in | 08:53:00 12 comments
MAKALAH
PERAN KERAJAAN ISLAM DI NUSANTARA PADA MASA PRA KEMERDEKAAN DAN KEMERDEKAAN

Disusun Guna Memenuhi Tugas
Mata Kuliah: Sejarah Peradaban Islam
Dosen Pembimbing: Bpk Murtadho Ridwan



Disusun Oleh:
                                                      Faridatus Sholikhah      (1320210051)
                                          Nadia Riza                  (1320210053)
                  Dwi Maulida Zulfa       (1320210066)
 



SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS (STAIN)
JURUSAN SYARIAH / EKONOMI ISLAM
2014



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Sebelum penjajah Belanda datang ke Indonesia, di Indonesia telah berdiri kerajaan-kerajaan besar seperti : Samudera Pasai dan Aceh Darussalam (Sumatera), Pajang, Demak, Mataram, Cirebon, dan Banten (Jawa),  Banjar dan Kutai (Kalimantan), Gowa-Tallo, Bone, Wajo, Soppeng, dan Luwa (Sulawesi).
Kerajaan Islam pertama di Indonesia adalah kerajaan Samudera Pasai yang merupakan kerajaan kembar. Kerajaan ini terletak di pesisir timur laut Aceh. Kerajaan Aceh terletak di daerah yang sekarang dikenal dengan nama Kabupaten Aceh Besar. Di sini pula terletak ibu kotanya. Kurang begitu diketahui kapan kerajaan ini sebenarnya berdiri. Anas Machmud berpendapat, Kerajaan Aceh berdiri pada abad ke 15 M, di atas puing-puing kerajaan Lamuri, oleh Muzaffar Syah (1465-1497).
Sedangkan di Pulau Jawa juga berdiri kerajaan Demak yang dipimpin oleh Raden Patah, kemudian berdiri pula Kesultanan Pajang yang dipandang sebagai pewaris kerajaan Islam Demak. Kesultanan Cirebon adalah kerajaan Islam pertama di jawa Barat. Kerajaan ini didirikan oleh Sultan Gunung Jati.
Di Kalimantan juga berdiri dua buah kerajaan yaitu kerajaan Banjar yang rajanya bernama Sultan Suruiansyah, dan kerajaan Kutai yang salah satu rajanya bernama Tuan di bandang atau lebih dikenal dengan sebutan Dato’ Ri Bandang.
Untuk lebih jelasnya simaklah isi makalah berikut ini.

B.     Rumusan Masalah
a.       Bagaimana awal Islam di Indonesia?
b.      Kerajaan Islam apa sajakah yang ada di Indonesia?
c.       Apa peran kerajaan islam pada masa pra kemerdekaan Indonesia dan pada masa setelah kemerdekaan Indonesia?

BAB II
PEMBAHASAN
A.    Awal Islam di Indonesia
Islam masuk ke Indonesia pada abad pertama Hijriah atau abad ke-tujuh/kedelapan Masehi. Ini mungkin didasarkan pada penemuan batu nisan seorang wanita muslimah yang bernama Fatimah binti Maimun di Leran dekat Surabaya yang bertahun 475 H atau 1082 M. sedangkan menurut laporan seorang musafir Maroko Ibnu Batutah yang mengunjungi Samudera Pasai dalam perjalanannya ke negeri Cina pada 1345 M, Agama Islam yang bermazhab syafi’I telah mantap disana selama seabad. Oleh karena iu, berdasarkan bukti ini, abad XIII biasanya dianggap sebagai masa awal masuknya agama Islam ke Indonesia.
Adapun daerah pertama yang dikunjungi adalah pesisir Utara pulau Sumatera. Mereka membentuk masyarakat Islam pertama di Peureulak Aceh Timur yang kemudian meluas sampai bisa mendirikan kerajaan Islam pertama di Samudera Pasai, Aceh utara.
Sekitar permulaan abad XV, Islam telah memperkuat kedudukannya di Malaka, pusat rute perdagangan Asia Tenggara yang kemudian melebarkan sayapnya ke wilayah-wilayah Indonesia lainnya. Pada permulaan abad tersebut, Islam sudah bisa menjejakkan kakinya ke Maluku, dan yang terpenting ke beberapa kota perdagangan di pesisir Utara pulau Jawa yang selama beberapa abad menjadi pusat kerajaan Hindu yaitu Kerajaan Majapahit. Dalam waktu yang tidak lama yakni permulaan abad XVII, dengan masuk Islamnya penguasa kerajaan Mataram yaitu Sultan Agung, kemenangan agama tersebut hampir meliputi sebagian besar wilayah Indonesia.
Berbeda dengan masuknya Islam ke negara-negara di bagian dunia lainnya yakni dengan kekuatan militer, masuknya Islam ke Indonesia itu dengan cara damai di sertai dengan jiwa toleransi dan saling menghargai antara penyebar dan pemeluk agama baru dengan penganut-penganut agama lama (Hindu-Budha).
Sejak pertengahan abad XIX, agama Islam Indonesia secara bertahap mulai meninggalkan sifat-sifatnya yang sinkretik setelah banyak orang Indonesia yang mengadakan hubungan dengan Makkah dengan cara melkukan ibadah haji. Apalagi setelah transportasi laut yang makin membaik, semakin banyaklah orang Indonesia yang melakukan haji bahkan sebagian mereka ada yang bermukim bertahun-tahun lamanya untuk mempelajari ajaran Islam dari pusatnya, dan ketika kembali ke Indonesia mereka menjadi penyebar aliran Islam yang ortodoks.[1]

B.     Kerajaan-kerajaan Islam yang ada di Indonesia
a.       Kerajaan Islam pertama di Sumatra
1.      Samudera Pasai
Kerajaan Islam pertama di Indonesi adalah kerajaan Samudera dan Pasai yang merupakan kerajaan kembar. Kerajar ini terletak di pesisir Timur Laut Aceh. Kemunculannya sebagai kerajaan Islam diperkirakan mulai awal atau pertengahan abad ke-13 M, sebagai hasil dari proses Islamisasi daerah-daerah pantai yang pernah disinggahi pedagang-pedagang muslim sejak abad ke-7, ke-8, dan seterusnya. Bukti berdirinya kerajaan Samudera Pasai pada abad ke-13 M itu didukung oleh adanya nisan kubur terbuat dari granit asal Samudera Pasai. Dari nisan itu, dapat diketahui bahwa raja pertama kerajaan itu meninggal pada bulan Ramadhan tahun 696 H, yang diperkirakan bertepatan dengan tahun 1297 M.[2]
Dalam Hikayat Raja-raja Pasai disebutkan gelar Malik Al-Saleh sebelum menjadi raja adalah Merah Sile atau Merah Selu. Ia masuk Islam berkat pertemuannya dengan Syaikh Ismail, seorang utusan Syarif Mekah, yang kemudian memberinya gelar Sultan Malik Al-Shaleh.[3]
Merah Selu adalah putra Merah Gaja. Nama Merah merupakan gelar bangsawan yang lazim di Sumatera Utara. Selu kemungkinan berasal dari kata sungkala yang aslinya berasal dari Sanskrit Chula. Kepemimpinannya yang menonjol menempatkan dirinya menjadi raja.
Dari hikayat itu, terdapat petunjuk bahwa tempat pertama sebagai pusat kerajaan Samudera Pasai adalah Muara Sungai Peusangan, sebuah sungai yang cukup panjang dan lebar di sepanjang jalur pantai yang memudahkan perahu-perahu dan apal-kapal menggayuhkan dayungnya ke pedalaman dan sebaliknya. Ada dua kota yang terletak berseberangan di muara sungai Peusangan itu, Pasai dan Samudera. Kota Samudera terletak agak lebih ke pedalaman, sedangkan kota Pasai terletak lebih ke muara.
Kerajaan Samudera Pasai berlangsung sampai tahun 1524 M. pada tahun 1524 M, kerajaan ini ditaklukkan oleh Portugis yang mendudukinya selama tiga tahun, kemudian tahun 1524 M dianeksasi oleh raja Aceh, Ali Mughayatsyah. Selanjutnya, kerajaan Samudera Pasai berada di bawah pengaruh kesultanan Aceh yang berpusat di Badar Aceh Darussalam.

2.      Aceh Darussalam
Kerajaan Aceh terletak di daerah yang sekarang dikenal dengan nama Kabupaten Aceh Besar. Di sini pula terletak ibu kotanya. Kurang begitu diketahui kapan kerajaan ini sebenarnya berdiri.
Peletak dasar kebesaran kerajaan Aceh adalah Sultan Alauddin Riayat Syah yang bergelar Al-Qahar. Dalam menghadapi bala tentara Portugis, ia menjalin hubungan persahabatan dengan kerajaan Usmani di Turki dan negara-negara Islam yang lain. Dengan bantuan Turki Usmani tersebut, aceh dapat membangun angkatan perangnya dengan baik.
Puncak kekuasaan kerajaan Aceh terletak pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda (1608-1637). Pada masanya Aceh menguasai seluruh pelabuhan di pesisir Timur dan Barat Sumatera. Dari Aceh, Tanah gayo yang berbatasan di Islamkan, juga Minangkabau. Hanya orang-orang kafir dari Btak yang berusaha menangkis kekuatan-kekuatan Islam yang datang, bahkan mereka melangkah begitu jauh sampai meminta bantuan Portugis. Sultan Iskandar tidak terlalu bergantung kepada bantuan Turki Usmani yang jaraknya jauh. Untuk mengalahkan Portugis, Sultan kemudian bekerjasama dengan musuh Portugis, yaitu Belanda dan Inggris.
b.       Kerajaan-kerajaan Islam di Jawa
1.      Kerajaan Demak
Dibawah pimpinan Sunan Ampel Denta, Wali Songo bersepakat mengangkat Raden Fatah menjadi raja pertama kerajaan Demak, kerajaan Islam pertama di Jawa, dengan gelar Senopati Jimbun Ngabdurahman Panembahan Palembang Sayidin Panatagama. Raden Patah dalam menjalankan pemerintahannya, terutama dalam persoalan-persoalan agama, dibantu oleh para ulama, Wali Songo. Sebelumnya Demak yang bernama Bintoro merupakan daerah vassal Majapahit yang diberikan raja Majapahit kepada Raden Patah. Daerah ini lambat laun menjadi pusat perkembangan agama Islam yang diselenggarakan oleh para wali.
Pemerintah Raden Fatah berlangsung kira-kira diabad ke-15 hingga awal abad ke-16. Ia digantikan oleh anaknya, Sambrang Lor, dikenal juga dengan nama Pati Unus. Saat Pati Unus baru berumur 17 tahun ketika menggantikan ayahnya sekitar tahun 1507, tidak lama setelah naik tahta, ia merencanakan suatu serangan terhadap Malaka.
Pada akhir tahun 1512, artinya setahun Portugis menduduki Malaka, Patih Unus menyiapkan 90 buah jong dengan 12000 tentara Islam dari jawa, menuju Malaka hendak melepaskan negeri itu dari tangan musuhnya, dan pada bulan Januari 1513 sampailah angkatan laut Demak itu diperairan Malaka dan terjadilah pertempuran yang hebat diantara kedua angkatan itu.[4] Namun sayangnya tentara Demak mengalami kekalahan besar.
Pati Unus digantikan oleh Trenggono yang dilantik sebagai Sultan oleh Sunan Gunung Jati dengan gelar Sultan Ahmad Abdul ‘Arifin. Ia memerintah pada tahun 1624-1546. Pada masa Sultan Demak yang ketiga inilah dikembangkan ke seluruh tanah Jawa, bahkan sampai ke Kalimantan Selatan. Penaklukan Sunda Kelapa berakhir pada tahun 1527 yang dilakukan oleh pasukan gabungan Demak dan Cirebon di bawah pimpinan Fadhilah Khan. Majapahit dan Tuban jatuh kebawah kekuasaan kerajaan Demak diperkirakan pada tahun 1527 itu juga. Selanjutnya pada tahun 1529, Demak berhasil menundukkan Madiun, Blora (1530), Surabaya (1531), Pasuruan (1535). Dan antara tahun 1541-1541 Lamongan, Blitar, Wirasaba, dan Kediri (1544). Palembang dan Bnajarmasin mengakui kekuasaan Demak. Sementara daerah Jawa Tengah bagian Selatan sekitar Gunung Merapi, Pengging, dan Pajang berhasil dkuasai berkat pemuka Islam, Syaikh Siti Jenar dan Sunan Tembayat. Pada tahun 1546 dalam pemyerbuan ke Blambangan, Sultan Trenggoo terbunuh. Ia digantikan adiknya, Prawoto. Pada masa pemerintahannya tidak berlangsung lama karena terjadi pemberontakan oleh adipati-adipati sekitar kerajaan Demak. Sunan Prawoto sendiri kemudian dibunuh oleh Aria Penangsang dai Jipang pada tahun 1549. Dengan demikian Kerjaan Demak berakhir dan dilanjutkan oleh Kerajaan Pajang di bawah Jaka Tingkir yang berhasil mengalahkan Aria Penangsang.

c.       Kerajaan-Kerajaan Islam di Kalimantan, Maluku, dan Sulawesi
1.      Kerajaan Banjar di Kalimantan Selatan
Kerajaan ini muncul ketika terjadi peristiwa pertentangan dalam keluarga istana, antara Pangeran Samudera sebagai pewaris sah kerajaann Daha, dengan pamannya yang bernama Pangeran Tumenggung. Ketika Raja Sukarama hampir tiba ajalnya, Ia berwasiat agar yang menggantikannya adalah cucunya Raden Samudera. Keempat putranya tentu tidak menerima wasiat itu.[5]
Pertentangan itu menimbulkan keluarnya Pangeran Samudera dari kerajaan dan berkelana sampai ke kerajaan Demak. Ia meminta bantuan disana, dan akhirnya kerajaan Demak mau membantu pangeran Samudera asalkan dia mau menganut ajaran Islam dan akhirnya berhasil dan kerajaan itu berkembang menjadi kerajaan Islam.
2.      Kerajaan Islam di Maluku
Kerajaan ini berdiri sekitar tahun 1406, Raja Ternate memeluk Islam, nama raja itu adalah Vongi Tidore. Ia mengambil seorang istri keturunan Ningrat Jawa. Namun raja yang benar-benar memeluk agama Islam adalah raja yang bernama Zayn Al-Abidin pada tahun 1486-1500 M.
3.      Kerajaan Islam Sulawesi
Kerajaan Goa-Tallo merupakan kerajaan kembar yang saling berbatasan, biasanya disebut dengan kerajaan Makassar. Kerajaan ini terletak di semenanjung barat daya pulau Sulawesi. Kerajaan tersebut menerima ajaran agama Islam dari Gresik atau Giri yang tersebar dalam proses Islamisasi diseluruh nusantara.
Kemudian kerajaan kembar Goa-Tallo menyampaikan “pesan Islam” kepada kerajaan-kerajaan lain seperti Luwu, yang lebih tua, Wajo, Soppeng, dan Bone.

C.     Peran Kerajaan pada masa pra kemerdekaan dan setelah Kemerdekaan
1.      Pada masa pra kemerdekaan
Dalam memperjuangkan kemerdekaan di Indonesia, kerajaan-kerajaan Islam mempunyai peran dalam membantu kemerdekaan tersebut, yaitu ikut mengusir para penjajah demi mempertahankan daerah masing-masing dengan melakukan berbagai peralawanan dengan cara peperangan, diantaranya yaitu:
a.        Perlawanan Pattimura (1817)
Belanda melakukan monopoli perdagangan dan memaksa rakyat Maluku menjual hasil rempah-rempah hanya kepada Belanda, menentukan harga rempah-rempah secara semena-mena, melakukan pelayaran hongi, dan menebangi tanaman rempahrempah milik rakyat. Rakyat Maluku berontak atas perlakuan Belanda. Dipimpin oleh Thomas Matulessi yang nantinya terkenal dengan nama Kapten Pattimura, rakyat Maluku melakukan perlawanan pada tahun
1817. Pattimura dibantu oleh Anthony Ribok, Philip Latumahina, Ulupaha, Paulus Tiahahu, dan seorang pejuang wanitaChristina Martha Tiahahu. Perang melawan Belanda meluas ke berbagai daerah di Maluku, seperti Ambon, Seram, Hitu, danlain-lain.
Belanda mengirim pasukan besarbesaran. Pasukan Pattimura terdesak dan bertahan di dalam benteng. Akhirnya, Pattimura dan kawan-kawannya tertawan. Pada tanggal 16 Desember 1817, Pattimura dihukum gantung di depan Benteng Victoria di Ambon.
b.      Perang Banjarmasin (1859-1863)
Penyebab perang Banjarmasin adalah Belanda melakukan monopoli perdagangan
dan mencampuri urusan kerajaan. Perang Banjarmasin dipimpin oleh Pangeran Antasari.
Beliau didukung oleh Pangeran Hidayatullah. Pada tahun 1862 Hidayatullah ditahan Belanda dan dibuang ke Cianjur. Pangeran Antasari diangkat rakyat menjadi Sultan. Setelah itu perang meletus kembali. Dalam perang itu Pangeran Antasari luka-luka dan wafat.
c.       Perang Aceh (1873-1906)
Sejak terusan Suez dibuka pada tahun 1869, kedudukan Aceh makin penting baik dari segi strategi perang maupun untuk perdagangan. Belanda ingin menguasai Aceh. Sejak tahun 1873 Belanda menyerang Aceh. Rakyat Aceh mengadakan perlawanan di bawah pemimpin-pemimpin Aceh antara lain Panglima Polim, Teuku Cik Ditiro, Teuku Ibrahim, Teuku Umar,dan Cut Nyak Dien. Meskipun sejak tahun 1879 Belanda dapat menguasai Aceh, namun wilayah pedalaman dan pegunungan dikuasai pejuang-pejuang Aceh. Perang gerilya membuat pasukan Belanda kewalahan. Belanda menyiasatinya denganstelsel konsentrasi, yaitu memusatkan pasukan supaya pasukannya dapat lebih terkumpul.
Belanda mengirim Dr. Snouck Hurgronje untuk mempelajari sistem kemasyarakatan penduduk Aceh. Dari penelitian yang dibuatnya, Hurgronje menyimpulkan bahwa kekuatan
Aceh terletak pada peran para ulama. Penemuannya dijadikan dasar untuk membuat siasat perang yang baru. Belanda membentuk pasukan gerak cepat (Marchose) untuk mengejar
dan menumpas gerilyawan Aceh. Dengan pasukan marchose Belanda berhasil mematahkan serangan gerilya rakyat Aceh. Tahun 1899, Teuku Umar gugur dalam pertempuran di Meulaboh. Pasukan Cut Nyak Dien yang menyingkir ke hutan dan mengadakan perlawanan juga dapat dilumpuhkan.[6]
a.       Pada masa setelah kemerdekaan Indonesia
Dalam perkembangannya, kerajaan islam ini memiliki peran yang sangat besar dalam penyebaran agama Islam di tanah air.
Beberapa peran kerajaan islam yang dianggap penting diantaranya tersebut ialah:
  1. Mengenalkan ajaran Islam kepada penduduk di kerajaan tersebut. Hal ini sangat berpengaruh, karena dalam sistem kerajaan, agama pilihan seorang raja pasti akan dianut oleh rakyatnya. Dengan demikian penyebaran agama Islam dianut oleh raja dan keluarga istana. Masarakat juga semakin bergairah untuk mengamalkan agamanya karena tak perlu merasa takut dicap sebagai pengganggu ketertiban hanya karena berbeda keyakinan dengan raja.
  2. Memudahkan transaksi perdagangan dengan para pedagang dari kawasan Timur Tengah. Pada saat itu, para pedagang dari Gujarat kerap berkelana hingga daerah yang jauh untuk berdagang . dan dengan adanya kerajaan Islam, maka ada kesamaan budaya dari kedua belah pihak sehingga lebih memudahkan dalam menjalin hubungan.
  3. Mengubah budaya upeti yang banyak digunakan kerajaan sebelumnya. Sehingga hal ini memberikan kemudahan pada rakyat karena tidak lagi mendapatkan beban membayar upeti kepada penguasa secara berlebihan. Kalaupun kerajaan membutuhkan penggalangan dana, maka nilainya menjadi berbeda karena dalam Islam menyumbang kepada pihak lain merupakan tindakan yang mulia, dan hanya Allah SWT yang akan membalas dengan cara yang tak pernah diketahui bahkan tak pernah dibayangkan oleh orang yang memberi shodaqoh tersebut.
  4.  Menciptakan tata kehidupan baru yang lebih sesuai dengan apa yang ada pada ajaran Islam. Islam sebagai agama baru dengan mudah diterima karena tata nilai dan sistem di dalamnya terasa lebih adil. Masing-masing individu memiliki kesempatan yang sama untuk menempati derajat yang tinggi dimata Tuhan, tanpa membedakan latar belakang budaya, suku dan keturunan.[7]



BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Awal Islam masuk ke Indonesia pada abad pertama Hijriah atau abad ke-tujuh/kedelapan Masehi. Kerajaan Islam yang ada di Indonesia anara lain: kerajaan Samudera Pasai dan Aceh Darussalam, kerajaan Islam di Kalimantan, Maluku, dan Sulawesi. Peran kerajaan islam pada masa pra kemerdekaan, dengan cara melakukan peperangan melawan penjajah, diantaranya yaitu: perlawanan pattimura, perang paderi, perang diponegoro, perang banjar masin, perang Aceh. Peran kerajaan Islam setelah kemerdekaan, yaitu: mengenalkan ajaran Islam kepada penduduk di kerajaan tersebut, memudahkan transaksi perdagangan dengan para pedagang dari kawasan Timur Tengah, mengubah budaya upeti yang banyak digunakan kerajaan sebelumnya, menciptakan tata kehidupan baru yang lebih sesuai dengan apa yang ada pada ajaran Islam.
B.     Saran
Kita, sebagai generasi penerus perjuangan islam, tidaklah pantas menelantarkan sejarah, karena dengan sejarah kita bisa belajar dari pejuang-pejuang masa lampau untuk di jadikan pelajaran dan pengalaman dalam menghadapi berbagai tantangan zaman.  Dan semoga makalah ini bermanfaat bagi penulis maupun pembaca.


DAFTAR PUSTAKA
·         Ajid Thohir, Perkembangan Peradaban di Kawasan Dunia Islam,Jakarta: PT. RajaGrafindo, 2004
·         Yatim Badri,Sejarah Peradaban Islam,Jakarta: PT. Rajawali Pers,2014
·         Hamka, Sejarah Umat Islam, Jakarta: PT. Bulan Bintang,1981
·         Http://tafsirhadits2012.blogspot.com/2014/03/kerajaan-kerajan-islam-di-indonesia.html
·         Http://asagenerasiku.blogspot.com/2012/05/perjuangan-rakyat-melawan-penjajah.html
·         Http://www.anneahira.com/kerajaan-islam.htm 




[1] Ajid Thohir, Perkembangan Peradaban di Kawasan Dunia Islam, Jakarta: PT. RajaGrafindo, 2004,hlm.290-293
[2] Dr. Badri Yatim, M. Sejarah Peradaban Islam. Jakarta: PT. Rajawali Pers,2014,hlm. 205
[3] Ibid,hlm. 206
[4] Hamka, Sejarah Umat Islam, Jakarta:PT. Bulan Bintang,1981,hlm.157-158

[5] http://tafsirhadits2012.blogspot.com/2014/03/kerajaan-kerajan-islam-di-indonesia.html, dikutip pada tanggal 19 september 2014 pukul 07.35 WIB


[6] http://asagenerasiku.blogspot.com/2012/05/perjuangan-rakyat-melawan-penjajah.html, dikutip pada tanggal 21 September 2014 pukul 08:01 WIB
[7] http://www.anneahira.com/kerajaan-islam.htm, dikutip tanggal 20 September 2014 pukul 19:36 WIB

12 comments:

  1. PROMO NEW MEMBER 15%

    Delegasi Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan paling baik yang menyediakan jasa layanan guna permulaan akun permainan judi atau taruhan online kepada anda di perutusan judi online yang berkedudukan International, sahih dan terpercaya hanya di Zeusbola.

    Sebagai Perwakilan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama bersama maskapai Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh pemimpin Isle of Man guna beroperasi yang merupakan juru taruhan sport sedunia.

    sabung ayam s1288

    Ayo daftar sekarang di zeusbola.biz

    ReplyDelete
  2. PROMO MEMBER BARU 15%

    DewaZeus merupakan partner dari situs ZeusBola, yang merupakan bandar agen taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Agen Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di zeusbola.

    Yang Merupakan Kantor Cabang Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama bersama perusahaan Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh penundukan Isle of Man pada beroperasi sbg juru taruhan latihan jasmani sedunia.

    https://dewazeus.site/cara-bermain-poker-online-deposit-via-pulsa/
    https://dewazeus.site/situs-agen-taruhan-online-terpercaya-deposit-pulsa/
    link alternatif zeusbola

    Ayo gabung sekarang di dewazeus.site

    ReplyDelete
  3. Ingin mendapatkan pendatana lebih melalui Smartphone, Komputer atau Labtop?
    Ingin bermain games yang bisa menambahkan penghasilan Anda bahkan menjadi seorang JUTAWAN?
    Segera bergabung bersama S128Cash Bandar Judi Online Terbaik Sepanjang Masa !!
    Memiliki pelayanan terbaik serta memiliki Customer Service yang Profesional, Ramah dan sopan siap melayani Anda 24 jam NONSTOP !!

    S128Cash juga menyediakan PROMO BONUS yang tidak kalah menariknya, seperti :
    - BONUS NEW MEMBER 10%
    - BONUS DEPOSIT SETIAP HARI 5%
    - BONUS CASHBACK 10%
    - BONUS FREEBET 200rB
    - BONUS 7x KEMENANGAN BERUNTUN !! ( Sabung Ayam Online )

    Segera daftarkan diri Anda bersama kami, untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami :
    - Livechat : S128Cash
    - WhatsApp : 081910053031

    Link Alternatif :
    - http://www.s128cash.org

    Ayam Sabung

    ReplyDelete
  4. Anda Butuh Penghasilan Lebih? Serta Hiburan Yang Menghasilkan Uang Secara Cepat Tanpa Ribet?
    Ayo Buruan Bergabung Dengan ZeusBola Situs Judi Online Terpercaya Dengan Pelayanan Terbaik Dan Memiliki CS Yang Ramah Siap Melayani Anda 24 JAM NONSTOP !!

    Minimal Deposit VIA ATM : Rp 50.000,-
    Minimal Deposit VIA PULSA : Rp 25.000,-
    Minimal Deposit VIA OVO : Rp 50.000,-
    Minimal Deposit VIA GOPAY : Rp 50.000,-
    Minimal Deposit VIA DANA : Rp 50.000,-
    Minimal Deposit VIA LINKAJA : Rp 50.000,-
    Minimal Withdraw : Rp 50.000,-

    Bagi Anda Yang Mencari Pelayanan CS Cepat Anda Harus Mencoba Mendaftar Dan Bermain di http://104.248.148.252/, Karena Selain CS Yang Ramah, Di Link Alternatif Judi Online Deposit Pulsa Tanpa Potongan Proses Deposit & Withdraw Hanya Butuh Waktu 1 - 3 Menit Saja !!

    Contact Person us :

    Live Chat Zeus Bola : http://bit.ly/KLIKDISINISEKARANGJUGA
    Whatsapp : wa.me/6281333555996
    Telegram : t.me/zeusbola

    #zeusboladepositviapulsa
    #SitusJudiOnlineDepositPulsaTanpaPotongan

    ReplyDelete
  5. MuseumAyam adalah Agen Judi Online Terpopuler Indonesia Yang Menyediakan Taruhan Sabung Ayam S128 dan Club388 Dengan Deposit Via Pulsa Tanpa Potongan. Agen sabung ayam terbaik di Indonesia dengan Layanan 24 jam & kemenangan berapapun siap dibayar lunas dengan kualitas vidoe taruhan terbaik di Indonesia.

    Menyediakan berbagai layahnan deposit terlengkap
    * Semua Bank Lokal Indonesia
    * Pulsa Tanpa Potongan
    * OVO
    * Gopay
    * Dana
    * Linkaja

    PROMO TARUHAN SABUNG AYAM TERBARU :
    * BONUS 10% KHUSUS MEMBER BARU SABUNG AYAM ONLINE
    * BONUS WIN BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
    * BONUS 7x LOSE BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
    * BONUS 5% DEPOSIT SETIAP HARI SABUNG AYAM ONLINE
    * BONUS CASHBACK SABUNG AYAM ONLINE UP TO 10%
    * BONUS REFERAL PERMAINAN SABUNG AYAM ONLINE 5%
    NB : Peraturan Dan Syarat Bonus Dapat Berubah Sewaktu-Waktu Tanpa Pemberitahuan Terlebih Dahulu. Mohon Selalu Untuk Melihat Halaman Promo Kami.

    Contact Resmi MuseumAyam
    WA : https://bit.ly/2xLgmHw
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    ReplyDelete
  6. Mungkin dia emang gak pernah serius sama Anda, tapi Kami beneran serius lohh...

    Promo dari ZEUSBOLA bukan kaleng-kaleng dengan promo sebesar ini membuat kesempatan Anda untuk menang jadi semakin besar, minimal depositnya cuman Rp.25.000 dan dengan 1 id Anda bisa bermain Di banyak jenis permainan.
    Ayo... tunggu apa lagi buruan join siapa tau hari ini hokinya Anda.

    ZEUSBOLA Adalah Situs Agen Judi Online Terpercaya Indonesia Pertama Yang Menyediakan Berbagai Macam Permainan Online Seperti :

    *SPORTSBOOK
    *LIVE CASINO
    *IDN LIVE
    *IDN POKER
    *SLOT GAMES
    *TEMBAK IKAN
    *JOKER123
    *SABUNG AYAM
    *TOGEL ONLINE

    Caranya mainnya juga gampang, langsung daftar di link ini
    atau hubungi kontaknya di https://linktr.ee/zeusbola.official ( KLIK DISINI )

    Untuk Layanan Support Bank yang dapat dipergunakan pada Judi Online ZEUSBOLA terdapat beberapa jenis Bank Lokal seperti :
    Bank BCA

    Bank BNI

    Bank BRI

    Bank DANAMON

    Bank MANDIRI


    Promo Bonus yang berlangsung pada Judi Online ZEUSBOLA :
    Bonus New Member 15%
    Bonus New Member 10% ( Sabung Ayam )
    Bonus Cashback/Kekalahan Sportsbook Up To 15%
    Bonus Rollingan Up To 0.6%
    Bonus Harian 10%
    Bonus Reward

    Serta terdapat berbagai jenis kelebihan dari ZEUSBOLA yang bisa anda dapatkan yaitu :

    Bisa Deposit dengan VIA PULSA / OVO / GOPAY / LINKAJA / DANA.

    Deposit & Withdraw tidak sulit dan sangat cepat.

    Proteksi Keamanan user ID member terbaik.

    Proteksi keamanan pada menu Lupa Password yang aman serta tidak menyulitkan.

    Layanan Website 24jam setiap hari.

    Tanpa adanya rekasaya apapun dalam permainan (NOBOT).

    Bonus Paling mudah didapatkan dan paling besar.


    Segera Daftarkan diri anda dan bermain bersama kami di ZEUSBOLA.
    Alamat Situs Resmi :http://zeusbola.site/

    Alamat Situs Alternatif :
    http://zeusbola.club/
    http://zeusbola.site/
    http://zeusbola.best/

    Kontak ZEUSBOLA :
    Whatsap : +62 813 3355 5996
    LINE : ZEUSBOLA
    TELEGRAM: t.me/zeusbola

    Bandar Poker Online Deposit Pulsa XL

    Situs Ceme Online Deposit Pulsa 5000

    ReplyDelete

  7. taruhan sabung ayam menghadirkan pertandingan sabung ayam dengan minimal taruhan 10rb

    Ayo Segera Daftar Akun Bermain Anda..Gratiss...

    Klik >>>>>>> Daftar Game Sabung ayam

    Hubungi Segera:
    Whatsapp : 0813-3355-5996
    LINE : zeusbola
    BBM : bolazeus
    Cs 24 Jam Online

    ReplyDelete
  8. ZeusBola - Bandar Sabung Ayam Terlengkap
    Menerima Deposit via E-money dan Pulsa
    (OVO, DANA, LINKAJA, GOPAY dan JENIUS)
    Dapatkan Bonus 7x Win Beruntun Hingga 5jt
    Pendaftaran : http://zeusbola1.com

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : 0822 7710 4607

    Daftar S128 Menggunakan Bank BTPN Jenius

    ReplyDelete
  9. AGEN SLOT & SABUNG AYAM TERPERCAYA DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN

    CLUB388CASH adalah situs judi casino online terpercaya 2021 yang sudah sangat diminati oleh seluruh masyarakat Indonesia.

    Menerima Deposit Via Pulsa Tanpa POTONGAN!

    Dengan jumlah deposit yang terjangkau sudah bisa memainkan semua permainan yang tersedia.
    Minimal Deposit Rp.10.000,-
    Minimal Withdraw Rp.50.000.-

    Yuk Buruan Join Sekarang Bersama Kami Di CLUB388CASH Situs Judi Slot Online Indonesia Terpercaya 2021
    Banyak Permainan yang Mudah Mendapatkan JACKPOT!

    Join bersama kami sekarang juga di CLUB388CASH
    Bonus New Member 10%
    Bonus Harian 5%

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    DAFTAR JUDI SLOT ONLINE

    KONTAK :
    WhastApp: 0819-1005-3031

    Judi Slot Online Club388
    Deposit Pulsa Tanpa Potongan
    Poker Online
    Situs Poker Online
    Situs Poker Deposit Pulsa

    ReplyDelete
  10. BONUS SETIAP HARI DARI DONACO POKER 2021

    Donacopoker adalah agen poker online Indonesia resmi yang melayani para pemain dari seluruh Indonesia untuk mendaftarkan diri dan bermain game kartu online yang unik. Untuk memberikan kenyamanan bagi pemain setia, Donacopoker hadir dan berikan bonus-bonus terbaik setiap harinya untuk semua game yang tersedia di Poker Online.

    Keuntungan Jika bermain di website
    - Proses Deposit dan withdraw maksimal 3 menit
    - 100% No admin dan No robot
    - Player vs Player
    - Fair Play

    Jalur Cepat:
    WHATSAPP : +6281333555662
    LINE : Donaco.poker
    CHAT SEKARANG

    Salam Kemenangan Untuk Anda.
    Terima Kasih.

    #DONACOPOKER #POKERIDN #POKERONLINE #BANDARCEME #CEME #DOMINO #SUPERTEN #CAPSA #OMAHA #BONUSPOKER #POKERTERPECAYA #DEPOSITPULSA

    ReplyDelete
  11. BOLAVITA 1 user ID untuk semua permainan

    Info hub
    WA:0812-1495-2061

    ReplyDelete
  12. Lagi bokek tapi mau bermain slot?
    Klik ====>Demo Slot Pragmatic Play – Yum Yum Powerways

    Ayo Segera Daftar Akun Bermain Anda..Gratiss..

    Klik >>>>>>> Daftar slot

    Dengan minimal Depo hanya 25 ribu dan minimal Withdraw 50 ribu
    Anda bisa bermain Slot. Menang berapapun kami bayar Bosku ^^

    PENAWARAN PROMOSI:
    • Bonus Deposit 20% New Member
    • Bonus Deposit 5% Setiap Hari
    • Bonus Cashback 5% - 10%
    • Extra Bonus Prize 2 & Prize 3

    Menerima Berbagai Metode Transaksi Terlengkap di Indonesia Minimal Deposit 10rb
    Semua Bank Lokal
    OVO
    Gopay
    Dana
    Pulsa (Minimal Deposit 10rb Rate Terbaik)

    Untuk Togel Kami Menyediakan 7 Pasaran

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6287777007391

    ===> LINK ALTERNATIF MUSEUMTOTO
    ===> LINK ALTERNATIF MUSEUMBOLA
    ===> LINK ALTERNATIF MUSEUMPOKER
    ===> LINK ALTERNATIF MUSEUMAYAM
    ===> CLUB388
    ===> SV388

    ReplyDelete

Search

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter